Pengertian Market Cap Crypto

 

Market cap atau kapitalisai pasar merupakan sebuah indikator sederhana untuk mengetahui seberapa besar sebuah aset crypto. Komponen ini umunya dipakai invester sebagai acuan untuk memutuskan akan melakukan investasi. Nah apa itu market cap dan daftar crypto apa saja yang mempunyai kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Apa itu Market Cap?

Market cup yang merupakan kepanjangan dari market capitalization adalah total nilai dari aset keuangan (crypto, saham, dll) yang beredar berdasarkan harga pasar saat ini dan biasanya dinyatakan dalam bentuk dolar. Kapitalisasi pasar merupakan sebuah istilah yang lebih sering didengar yang merupakan arti dalam Bahasa Indonesia untuk kata market cap.

Shobit Seth dari Investopedia mengatakan market cap merupakan komponen yang sering dipakai untuk mengkategorikan sebuah perusahaan sebagai perusahaan besar, menengah, atau kecil. Kapitali sasi juga sering dipakai investor dan analisis keuangan dalam membandingkan dan mengukur nilai pasar dari sebuah perusahaan. Ini juga berlaku kepada crypto.

Ryan Haar dari Next Advisor Time juga mengatakan nilai kapitalisasi pasar merupakan cerminan resiko dalam berinvestasi pada perusahaan atau juga kepada aset tertentu. Saham yang kapitalisasinya lebih besar umumnya mempunya resiko yang lebih rendah, tapi tingkat pertumbuhannya lebih lambat berbeda dengan saham berkapitalisasi menengah atau kecil.

Apa itu Market Cap Crypto?

Tim Coinmarketcap mengatakan market cap crypto merupakan mertik yang penting untuk mengetahui seberapa besar sebuah pasar cryptocurrency. Informasi kapitalisasi pasar crypto yang secara real-time bisa memberikan data dan informasi tentang kinerja mata uang crypto dan juga bisa membantu investor dalam membuat keputusan untuk melakukan investasi.

Jeremy Schneider seorang pendiri jasa konsultan finansial Personal Finance Club mengatakan, tingkat kapitalisasi pasar bisa membantu investor dalam menyusun strategi investasi, bahkan jika hanya berinvestasi pada Bitcoin dan Ethereum saja.

Bagaimana Cara Menghitung Market Cap?

Dilansir dari laman Coinmarketcap, cara untuk menghitung nilai market cap yaitu dengan cara mengalikan harga mata uang crypto sekarang dengan jumlah total koin yang beredar di pasaran (circulating supply).

Berikut rumus market cap atau kapitalisasi pasar.

Market Cap = harga mata uang crypto x jumlah total koin yang beredar.

Tapi ini bukanlah satu-satunya cara untuk menghitung market cap.

Tim Coinmarketcap mengatakan nilai kapitalisasi pasar juga bisa dihitung dengan cara mengalihkan harga mata uang crypto dengan jumlah maksimum coin. Tapi dalam perhitungan ini sulit untuk dilakukan karena beberapa altcoin tidak diketahui batas untuk pasokan maksimalnya.

Pawan Nahar dari The Economic Times mengatakan total kapitalisasi pasar untuk pasar crypto global mencapat $3 triliun per 9 November 2021. Gabungan dari 2 crypto yang mempunyai kapitalisasi pasar terbesar yaitu BTC dan ETH merupakan yang mendominasi sebesar 62% dari seluruh pasar.

Gaurav Dahake yang merupakan CEO dan Co-founder Bitbns mengatakan kapitalisasi pasar crypto mempunyai pertumbuhan yang pesat secara eksponensial. Walaupun sempat menurun sebesar 6,7% pada 22 November 2021, tapi pondasi yang dimiliki  crypto masih tetap kuat.

10 Market Cap Crypto teratas

10 cryptocurrency teratas jika dilihat berdasarkan market cap yang dilansir dari laman Coinmarketcap adalah sebagai berikut.

Bitcoin (BTC)

Bitcoin menempati di urutan yang pertama pada 10 market cap cryptocurrency yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar $886,331 miliar per 20 Desember 2021. Kat Tretina dari Forbes mengatakan Bitcoin sudah bertumbuh 11.400% dalam lima tahun terakhir.

Ethereum (ETH)

Ethereum, salah satu aset crypto favorit para pengembang berada di urutan ke 2 yang mempunyai total market cap sebesar $467,428 miliar per 20 Desember 2021. Menurut Tretina harga ETH sudah mengalami peningkat sebesar 42.000% hanya dalam lima tahun.

Binance Coin (BNB)

Mata uang digital yang diluncurkan pada 2017 ini berhasil naik ke posisi ke 3 yang mempunyai kapitalisasi pasar sekitar $87,264 miliar pada 20 Desember 2021.

Tether (USDT)

USDT sebagai stablecoin crypto konsisten menempati urutan atas dengan nilai market cap sebesar $76,211 miliar per 20 Desember 2021.

Solana (SOL)

Sejak diluncurkan pada 2020, SOL yang merupakan token asli dari Solana sudah berkembang pesat dan berhasil mencatatkan kapitalisasi pasarnya sebesar $53,549 miliar per 20 Desember 2021.

Cardano (ADA)

Cardano sebagai “kuda hitam” aset crypto pada tahun 2021 lalu mempunyai market cap sekitar $42,315 miliar per 20 Desember 2021.

USD Coin (USDC)

Kapitalisasi pasar dari stablecoin yang didukung oleh dolar AS ini yaitu $42,175 miliar per 20 Desember 2021.

XRP

XRP mempunyai nilai market cap sebesar $41,569 miliar per 20 Desember 2021.

Terra (LUNA)

Terra kini mencatatkan kapitalisasi pasarnya sebesar $30,55 miliar per 20 Desember 2021.

Avalanche (AVAX)

AVAX sebagai kompetitor dari Ethereum mempunyai kapitalisasi pasar sebesar $27,58 miliar per 20 Desember 2021.

Sekian informasi tentang apa itu market cap crypto dan 10 daftar market cap crypto. Semoga bisa membantu kamu yang ingin melakukan investasi crypto dan terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian White Paper Crypto

Pengertian dan Cara Kerja Honeypot di Dunia Crypto