Pengertian White Paper Crypto

White paper crypto merupakan dokumen penting yang membantu para investor dalam memahami sebuah konsep dari proyek crypto dan bisa dipakai dalam membandingkan satu proyek crypto dengan proyek yang lain. Apa itu white paper crypto? Simak penjelasan komponen-komponen dan contoh white paper berikut ulasannya.

Apa itu White Paper dalam Investasi?

White paper merupakan sebuah dokumen yang dirilis oleh tim pembuat proyek aset finansial tertentu untuk memberikan informasi kepada investor tentang konsep, teknologi, tujuan, dan roadmap dari sebuah proyek yang direncanakan.

White paper juga biasanya dilengkapi oleh data statistik, informasi dan diagram tambahan untuk meyakinkan para investor yang ketertarikan berinvestasi kepada sebuah aset.

Apa itu White Paper Crypto?

White paper crypto merupakan sebuah dokumen kunci yang berisikan tentang informasi proyek crypto yang dibutuhkan investor. Menurut penulis “Writing white paper” Michael Stelzner, white paper crypto merupakan dokumen yang diawali dengan membahas masalah yang dialami oleh pegiat dan pengguna crypto dan akhir akan disajian solusi yang berupa proyek atau produk crypto.

Tim Cointelegraph juga menambahkan white paper setidaknya harus memuat beberapa hal seperti berikut:

·         Pendahuluan

·         Disclaimer

·         Daftar isi

·         Deskripsi pasar dan masalahnya

·         Detail produk crypto dan cara mengatasi masalah

·         Tim proyek

·         Roadmap rencana pengembangan aset crypto.

Apa Saja Isi dan Bagian-Bagian White Paper?

Berdeda dengan litepaper yang isinya relatif lebih pendek dan mudah untuk dipahami, white paper justru mengandung lebih banyak informasi teknis dan lengkap.

Mengacu kepada white paper proyek Bitcoin, Joe Liebkind dari Investopedia mengatakan terdapat sekitar 12 bagian penyusun sebuah white paper.

Pendahuluan

Pendahuluan dalam White Paper berisi tentang pengenalan tentang proyek secara umum dan penjelasan tentang sistem kerja proyek secara singkat.

Transaksi

Bagian ini berisi penjelasan tentang konsep aset crypto dan penjelasan metode transaksi dan mekanisme dalam pertukaran aset crypto.

Timestamp Server

Atau lebih dikenal dengan istilah ledger pada bagian ini akan membahas tentang detail verifikasi transaksi crypto dengan memakai timestamp dalam rangka untuk membangun riwayat transaksi yang terverifikasi dan terbebas dari aksi penipuan.

Proof-of-Work (PoW)

White paper Bitcoin juga menjelaskan tentang sistem PoW yang dipakai. PoW merupakan salah satu metode yang dipakai pada blockchain dalam memcapai konsesnsus, untuk memastikan transaksi itu valid tanpa adanya percobaan penipuan dari pihak manapun.

Jaringan

Pada bagian ini akan menjelaskan tentang mekanisme kerja sama antara pengembang dan penambang crypto untuk membangun jaringan blockchain dan teknologi yang dipakai untuk memastikan tentang keamanan jaringan.

Insentif

Juga membahas tentang detail penambang aset crypto dan besaran imbalan yang diterima miner jika berhasil dalam melakukan verifikasi transaksi dan berhasil menambahkan block baru ke dalam blockchain.

Pengelolaan Disk Space

Joe Liebkind menjelaskan Satoshi Nakamoto, penerbit white paper Bitcoin pertama sudah mengantisipasi jika terjadi perkembangan blockchain yang terlalu besar. Pengembang dapat mengaplikasikan sistem Merkle Tree untuk memperkecil ukuran blockchain dan membuat koneksi dengan perangkat yang mempunyai memori yang kecil.

Verifikasi pembayaran

Mekanisme verifikasi pembayaran dilakukan dengan aset crypto.

Nilai Aset Crypto

Merincikan nilai aset crypto jika digabung atau dibagi dalam bentuk transakasi. Penjelasan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada orang orang yang ingin melakukan transaksi dalam bentuk pecahanaset crypto.

Privasi Pengguna

Tim proyek juga akan membahas tentang gagasan tentang sistem akan memjaga privasi pelanggan. Biasanya sistem akan meberikan private key untuk mengidentifikasi setiap pengguna jaringan mereka. Mereka juga akan mempublikasikan transakasi secara real time bertujuan untuk menjaga transparansi sistem.

Perhitungan

Pada bagian ini berisikan tentang perhitungan pengamanan jaringan seperti komputasi matematis dalam upaya melindungi blockchain, waktu tunggu transaksi dll.

Kesimpulan

Pada bagian Kesimpulan berisikan tentang ringkasan pada setiap elemandalam ekosistem pada suatu aset crypto dan bagaimana seluruh seluruh elemen tersebut bekerja sama dalam menciptakan sistem yang baik dan dapat memberikan solusi keuangan yang terbaik.

Contoh White Paper Crypto

Supaya bisa memahami lebih mendalam tentang apa itu white paper crypto dan susunannya. Silahkan simak beberapa contoh white paper crypto berikut.

White Paper Bitcoin

Bitcoin white paper crypto merupakan white paper yang pertama dan diterbitkan oleh Satoshi Nakamoto pada 2008. Pada dokumen ini berisikan tentang spesifikasi teknis, jaringan, mekanisme transaksi, privasi pengguna, dan ide tentang sistem uang digital peer-to-peer. Dokumen yang lebih lengkap bisa kamu temukan dalam laman resmi Bitcoin.

White Paper Ethereum

White paper Ethereum pertama kali diterbitkan pada tahun 2013 oleh pendiri Ethereum yaitu Vitalik Buterin, sebelum peluncuran proyek pada 2015. Dokumen ini berisikan pengenalan konsep Ethereum, transaksi, blockchain, mining, coding, dan sistem desentralisasi aplikasi. Versi lengkap white paper Ethereum bisa ditemukan pada laman resmi Ethereum.

White Paper Cardano

White paper Cardano diterbitkan sejak 2017 dan bisa diakses pada laman resmi Cardano. Dokumen tersebut berisi tentang konsep, kemampuan sistem memproses informasi, teknologi, rencana pengembangan, dan regulasi Cardano.

Demikian penjabaran tentang apa itu white paper dan contohnya. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Market Cap Crypto

Pengertian dan Cara Kerja Honeypot di Dunia Crypto